One Day One Ayat

One Day One Ayat

Makna Surat An Najm ayat 51-53:

Pengertian secara :
- Bahasa : najm = bintang, QS 53:1 Nujuum= bintang-bintang
- Tafsir Lambang dari keberhasilan atau penghargaan yang dicapai/diperoleh oleh seseorang dimana keadaan tersebut dapat berakibat baik dan dapat pula berakibat tidak baik. QS 53:1 “hawa”= terbenam, QS 53:3 --- “hawa”= terlena karena keberhasilannya, QS 16:16 bintang/pencapaian tidak membuatnya terlena, tapi menjadikannya petunjuk untuk lebih berhasil.dan (Dia menciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang mereka mendapat petunjuk,


Hubungan QS 52 dan QS 53 :
Akhir QS 52 diakhiri dengan kata-kata Nujuum (bintang-bintang) Awal QS 53 diawali dengan Najim (bintang)
Bila QS 52 menjelaskan tentang kekuatan menghadapi berbagai godaan maka QS 53 mengingatkan jangan sampai keadaan/keberhasilan itu membuat manusia terlena.


Pelajaran :
Sikap menghadapi keberhasilan. Ingatlah keberhasilan itu dapat menenggelamkan, melenakan dan membuat seseorang merasa berhak berbuat/berkata sesukanya.
QS 53:1-4 : "Demi bintang ketika terbenam. Kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak (pula) keliru. Dan tidaklah (Al Qur’an) menurut keinginannya. Tidak lain (Al Qur’an itu) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)."
QS 3:79 : Tidak mungkin bagi seseorang yang telah diberi kitab oleh Allah, serta hikmah dan kenabian, kemudian dia berkata kepada manusia,

“Jadilah kamu penyembahku, bukan penyembah Allah,” tetapi (dia berkata), “Jadilah kamu pengabdi pengabdi Allah, karena kamu mengajarkan kitab dan karena kamu mempelajarinya.!”

Ingatlah keberhasilan bisa membuat manusia sombong dan merendahkan orang lain.

QS 53:32 : Jangan sok suci, karena jika kita merasa suci akan menganggap orang lain kotor. (Yaitu) mereka yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji, kecuali kesalahan-kesalahan kecil. Sungguh, Tuhanmu Mahaluas ampunanNya. Dia mengetahui tentang kamu, sejak Dia menjadikan kamu dari tanah lalu ketika kamu masih janin dalam perut ibumu. Maka jangan kamu menganggap dirimu suci. Dia mengetahui tentang orang yang bertakwa. Jagalah keberhasilan itu dengan selalu bersujud dan beribadah.QS 53:62 : "Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia)."